BAB 5
SUMBER DAYA KOMPUTASI DAN KOMUNIKASI
A. Peranti Keras
Prosesor
Prosesor (yang disebut pula sebagai unit pemroses pusat atau central
processing unit-CPU) adalah tempat dimana pemrosesan data dilakukan. Intel,
Advanced Micro Devices (AMD), Cyrix, Motorola, dan perusahaan-perusahaan
lainnya memproduksi prosesor mikro yang terdapat di banyak komputer mikro
populer.
Kecepatan prosesor diukur oleh jumlah siklus yang terjadi perdetik, dan angka
ini telah berkembang dengan sangat cepat selama beberapa tahun sejak IBM dalam
megahertz (MHz), yang berarti juta siklus per detik. setiap siklus adalah suatu
peluang dilakukannya aksi, seperti menambahkan kedua angka.
A.
Memori
Pada dasarnya data disimpan di sebuah komputer dalam dua cara-memori dan
penyimpan. Memori, yang disebut juga ruang penyimpan primer atau random
access memory (RAM). Memori adalah barang yang rentan karena isinya akan
hilang ketika daya komputer dimatikan.
Karakterisktik ini mencerminkan fakta
bahwa nilai bit akan dapat diubah secepat yang bisa dilakukan oleh siklus
prosesor. Memori di dalam sebuah komputer sangatlah cepat jika dibandingkan
dengan mengakses data di sebuah alat penyimpanan, seperti sebuah disk. jumlah
memori dalam sebuah komputer mikro dapat memberikan dampak yang signifikan pada
persepsi pengguna akan kecepatan. Komputer mikro umumnya memiliki memori
sebesar 128 hingga 256 megabita (MB);memori 256 MB adalah 256 jute bita.
B.
Ruang Penyimpanan
Ruang penyimpanan tetap (fixed storage) adalah ruang penyimpanan yang
terpasang secara permanen di dalam komputer. Contohnya adalah hard drive.
Penyimpanan yang dapat dilepas (removable storage) biasanya berbentuk
sebuah pita, disk (yang dikenal pula sebagai disket), flash drive USB
(terkadang disebut "pen drive"), CD, atau media jinjing lainnya.
C.
Alat-alat Input ( Input Devices )
Komputer tidak akan banyak berguna tanpa alat-alat input dan output. Operasi
bisnis membutuhkan sejumlah besar alat-alat input dan output, dan dikembangkan
alat-alat unutk memenuhi kebutuhan tersebut. Meskipun telah tersedia banyak
alat input dan output, hanya sedikit saja yang diterima secara luas. Input yang
diterima dari manusia sangat penting, karena memberikan satu mekanisme langsung
bagi pengguna untuk mengendalikan kompter. Sebagian besar data pada awalnya
memiliki bentuk yang tidak dapat di baca oleh mesin, dan perlu dilakukan entri
data oleh manusia
Terdapat dua kendala bagi data yang diterima dari manusi. Pertama, lambat.
Kedua, biasanya tidak dapat mencpai tingkat akurasi yang sangat tinggi seperti data
ynag diterima dari mesin (machine-captured data)-data yang diterima oleh
suatu alat elektronik atau mekanis.
D. Alat
Output ( Output Devices )
Dua alat output yang paling dikenal adalah layar komputer, yang terkadang
disebut monitor, dan printer. Meskipun konsep "kantor tanpa kertas"
telah mendpat banyak perhatian, hasil otput cetakan tetap merupakan fakta dari
komputasi.
Gambar pada sebuah layar komputer sangat dipengaruhi oleh resolusi layar.
Resolusi layar (screen resolution) mengacu pada jumlah pixel, titik-titik
cahaya yang terdapat pada monitor, yang ditampilkan di layar. dewasa ini,
resolusi 1.600 x 1.200 dan lebih besar adalah hal yang umum. Ini artinya
terdapat 1.600 titik pada setiap 1.200 garis pada layar.
E.
Multimedia
evolusi utama alat input da output
adalah menuju kearah multimedia, penggunaan lebih dari satu media pada saat
yang sama. Sebagai contoh, informasi dalam bentuk teks dapat diproyeksikan ke
layar computer dengan disertai oleh satu gambar atau video.
B.
Alat-Alat Komputasi Pribadi
A.
Telepon
Seluler dengan Pesan dan Video Interaktif
Telepon seluler
memiliki fitur-fitur lain yang membantu fungsi-fungsi bisnis. Daftar kontak (
nama, alamat, alamat email, cacatatan dan lebih banyak lagi ) disimpan di dalam
telepon seluler. Agenda dan Alaram adalah dua fitur tambahan talepon yang
membantu tujuan bisnis.
B. Telepon
Seluler Cerdas
Telepon seluler dianggap sebagai telepon ( smart phone ) cerdas
ketika ia menjalankan pekerjaan-pekerjaan yang biasanya dihubungkan dengan
computer mikro.
C. Jaringan
Rumah
Jaringan computer rumah telah sama populernya seperti
perusahaan tv kabel dan perusahaan telepon yang memasarkan modem untuk koneksi
internet
D. Keamanan
Komputasi Rumah
Keamanan bagi sumber daya sebuah organisasi sperti server Web,
basis data, dan jaringan hendaknya menjadi tanggung jawab dari para
professional sistem informasi.
E.
Peranti
Lunak
Terdapat dua jenis
dasar peranti lunak: peranti lunak sistem dan aplikasi. Peranti lunak sistem
atau yang disebut peranti lunak sistem operasi, menjalankan tugas-tugas
mendasar yang dibutuhkan oleh seluruh pengguna dari satu komputer tertentu.
Peranti ini dibutuhkan untuk menggunakan komputer. Peranti lunak Aplikasi dapat
diperoleh dalam bentuk siap pakai atau dibuat sesuai pesanan untuk penggua
tertentu.
F.
Jenis
jaringan
Jaringan lokal area adalah jenis jaringan pertama. jaringan ini
memiliki keterbatasan pada jarak yang diperkenankan di antara sumber daya
komputer, namun mereka memberikan pengaruh yang mendalam pada manajemen. Para
pekerja bergantung pada data berbasis komputer untuk pengambilan keputusan dan
ketika para pekerja dapat dengan mudah berbagi data berbasis komputer, maka
perusahaan akan mendapat keuntungan.
G. Komunikasi
Komunikasi
membutuhkan standar, karena berbagai perusahaan pembuat peranti keras komputer
dan telepon harus memiliki penyajian data yang sama dan dapat dipahami yang
bergerak disepanjang media komunikasi. Standar-standar sistem telepon
diciptakan untuk komunikasi suara, dan komunikasi ini dapat terjadi dengan
menggunakan koneksi analog yang bermutu rendah. Walaupun begitu, media
komunikasi tingkat suara tidak selalu cukup dapat diandalkan untuk komunikasi
data di antara komputer, sehingga dibutuhkan standar-standar baru.
International Organization for standardization menciptakn standar-standar open
system interconnection untuk komunikasi data yang kita pergunakan sekarang
0 comments:
Post a Comment