Bab 4
Penggunaan dan Pengembangan
Sistem
Pendahuluan.
Sepesialis-
sepesialis informasi sebuah perusahaan terdiri
atas analis sistem, administrator basis data,Webmaster, Sepesialis jaringan,programer,dan operator. Pengembangan
sistem adalah suatu aktivitas yang selalu berevolusi.
Organisasi Bisnis
Area – area bisnis
dasar perusahaan adalah keuangan, sumber daya, manusia, layanan
informasi,
produksi, dan perusahaan.
Dukungan Sistem Informasi bagi
Organisasi
Sistem
informasi dikembangkan untuk mendukung keseluruhan organisasi, eksekutif, dan area
bisnis. SIM dimaksud untuk memenuhi kebutuhan informasi umum para manajer perusahaan;sistem informasi eksekutif
dirancang untuk digunakan oleh manajer
tingkat strategis perusahaan; dan lima sistem informasi di tingkat lebih rendah dalam
figur tersebut mencakup kebutuhan-kebutuhan informasi unik dari area-area
bisnis tersebut. Struktur organisasi seperti ini disebut sebagai organisasi maya (virtual organization).
ORGANISASI LAYANAN INFORMASI
Kita telah
menggunakan istilah layanan informasi (indormation
service—IS) untuk menguraikan uit perusahaan yang memiliki tanggung jawab
atas mayoritas sumber daya infomasi. Nama-nama lain—Divisi sim atau Departemen
SIM dan khususnya tecnologi informasi
(information technologi— IT)—juga
populer.
Sumber Daya Informasi
Sebagai besar
sumber daya ini pada umumnya berlokasi di layanann informasi dan merupakan
tanggung jawab dari chef information
officer (CIO).
Spesialis Informasi
Specialis informasi (information specialist) pada Awalnya meliputi analis sistem,progemer,dan
operator. Kemudian ,ditambah lagi dengan administrator basis data, spesialis
jaringan, dan Webmaster. ANALIS
SISTEM adalah orang yang ahli dalam mendefinisikan masalah dan dalam membuat
dokumentasi tertulis mengenai bagaimana komputer akan membantu menyelesaikan
masalah-masalah tersebut.
ADMINISTRATOT BASIS DATA
Sebagai
administrator basis data (database
administrator DBA) tugas DBA terbagi menjadi empat area utama;
perencanaan,implementasi,operasi dan keamanan.
WEBMASTER
Webmaster bertanggung jawab atas dan penyajian situs Web perusahaan.
SEPESIALIS
JARINGAN Sepesialis jaringan bekerja dengan analisis sistem dan pengguna dalam
membuat jaringan komunikasi data yang menyatukan sumber daya komputasi yang menyebar.
PROGRAMER Programer menggunakan dokumentasi yang
dibuat oleh sistem analis untuk membuat kode program komputer yang mengubah
data menjadi informasi yang dibutuhkan oleh pengguna,sistem analisis
menciptakan suatu posisi analis programer
OPERATOR
Operator menjalankan peralatan komputasi besekala besar, seperti komputer mainframe dan server, yang biasanya
berlokasi dalam fasilitas komputasi perusahaan.
STRUKTUR ORGANISASI LAYANAN INFORMASI
Spesialis
informasi dalam layanan informasi dapat diorganisasikan menurut berbagai macam
cara. Unit-unit organisasional yang pertama disentralisasikan di dalam
perusahaan,
dengan hampir
seluruh sumber daya informasi berlokasi di unit IT.
Tren dari Struktur Tersentralisasi ke
Desentralisasi
Sesuatu struktur
organisasi yang umum bagi suatu operasi tersentralisasi diilustrasikan
pada,beberapah perusahaan mulai mendesentralisasi kebanyakan sumber daya
informasinya dengan mengalokasikan mereka ke unit-unit bisnis dan memberikan
wewenang bagi unit untuk memutuskan bagaimana sumber daya akan diaplikasikan.
Banyak area menunjuk seseorang direktur informasi divisi (divisional informational officer —DIO) untuk mengelola sumber daya
informasi di area-area tersebut.
Struktur Organisasi Inovatif
Perusahaan-perusahaan
besar berusaha untuk mencapai suatu struktur organisasi yang ”terdesentralisasi
secara sentral”. Sebagai respon atas kebutuhan ini,para peneliti SIM
mengidentifikasikan tiga struktur inovatif, yang disebut model sekutu (partner model),model platform(platform model)dan model terskala (scalable model). Model sekutu adalah bahwa layanan
informasi bekerja dengan area-area bisnis dalam menggunakan teknologi informasi
guna menghasilkan inovasi bisnis. Model platfon adalah bahwa layanan informasi
tidak akan secara aktif mengawali inovasi bisnis, namun akan menyediakan sumber
daya informasi sehingga inovasi tersebut dapat dicapai oleh area-area bisnis. Model
berskala menyadari bahwa sumber daya harus diperoleh begitu peluang pasar
muncul dan harus dapat dengan cepat dilepaskan ketika peluang-peluang tersebut
tidak lagi terjadi, sehingga tetap mempertahankan biaya tetap pada tingkat yang
minimum.
KOMPUTASI PENGGUNA AKHIR
Komputasi pengguna akhir (end-used
computing-EUC), pengguna akhir
merupakan kata yang sinonim dengan pengguna;
pengguna menggunakan produk akhir dari suatu sistem berbasis komputer.
Komputasi pengguna akhir disebabkan oleh empat pengaruh utama:
1. Dampak
pendidikan komputer. dampak program-program pendidikan komputer yang baik di
sekolah-sekolah negeri atau swasta,pergutuan tinggi,dan prusahaan-perusahaan
industri mulai terlihat.
2. Antrian layanan
informasi. Layanan informasi tidak dapat memberikan respons yang cukup cepat
untuk memenuhi tuntutan oleh komputer. Beberapa pengguna harus menunggu dua
atau tiga tahun sebelum pekerjaan mereka selesai dari antrian.
3. Murahnya
peranti keras. selama periode yang sama,pasar dibanjiri oleh komputer mikro
berharga murah. Pengguna dapat memperoleh sendiri peranti kerasnya dengan
memesan ditoko komputer setempat melalui telepon dan meminta sistem tersebut
dikirimkan menggunakan taksi.
4. Peranti lunak
siap pakai. Baik perusahaan peranti keras maupun perantu lunak membuat peranti
lunak yang akan mengerjakan tugas-tugas akuntansi dasar sekaligus memberikan
informasi bagi pengambilan keputusan. Peranti lunak siap pakai ini menawarkan
dukungan yang ditingkatkan dan kemudahan pengguna, memungkinkan perusahaan dan
pengguna-pengguna individual dengan sedikit keahlian komputer mengimplementasikan
suatu sistem berbasis komputer.
PENGGUNA SEBAGAI SUATU SUMBER DAYA
INFORMASI
Pengguna dari
sistem informasi perusahaan adalah sumber daya informasi penting yang dapat
memberikan suatu kontribusi nyata dalam mencapai sasaran strategis dan meraih
keunggulan kompetitif.
Keuntungan Komputasi Pengguna Akhir
EUC memberikan
dua manfaat utama : • Menyamakan Kemampuan dan tantangan. Memberikan kebebasan
bagi spesialis informasi untuk lebih berkonsentrasi pada organisasi secara luas
dan sistem-sitem yang rumit, sepesialis juga memiliki banyak waktu yang
tersedia untuk memelihara sitem yang sudah ada—bidang tanggung jawab yang cukup
penting. • Mempersempit jarak
komunikasi. Kesulitan yang selalu mengetahui pengembangan sistem sejak hari
pertama komputasi adalah komunikasi antara pengguna dan spesialis informasi.
Risiko Komputasi Pengguna Akhir
Sebaliknya,ketika
pengguna akhir mengembangkan sistem mereka sendiri, mereka akan menghadapkan
perusahaan kepada sejumlah resiko: • Sasaran sistem yang buruk. Pengguna akhir dapat menerapkan komputer pada
aplikasi-aplikasi yang seharusnya dijalankan dengan cara lain, seperti secara
manual. • Sistem yang dirancang dan didokumentasikan dengan buruk. Para
pengguna akhir,meskipun mereka memiliki tingkat kompetensi teknis yang cukup
tinggi,biasanya tidak akan dapat menyamai profesionalisme dari sepesialis
informasi dalam hal perancangan sistem. •Penggunaan sumber daya informasi yang
tidak efesien. Ketika tidak terdapat kendali pusat atas akuisisi peranti keras
dan peranti lunak,perusahaan pada akhirnya bisa mendapatkan peranti keras yang
tidak sesuai dan peranti lunak yang berlebihan. • Hilangnya Integritas data.
Pengguna akhir bisa jadi tidak menjalankan kehati-hatian yang diperlukan dalam
memasukkan data ke dalam basis data perusahaan. • Hilangnya keamanan.
Pengguna akhir dapat tidak menjaga data
dan peranti lunak mereka • Hilangnya kendali. Pengguna mengembangkan sistem
untuk memenuhi kebutuhan mereka sendiri tanpa menyelaraskan dengan suatu
rencana yang akan memastikan dukungan komputer bagi perusahaan.
KRITERIA PENDIDIKAN,PENGETAHUAN,DAN
KEAHLIAN YANG DIBUTUHKAN UNTUK KARIER DI BIDANG LAYANAN INFORMASI
Pengembangan
sistem informasi membutuhakan pengetahuan dan keahlian tertentu.
Pengetahuan Pengembangan Sistem
Pengetahuan adalah
sesuatu yang dapat dipelajari,baik itu melalui mata kuliah formal ataupun
melalui upaya sendiri seperti membaca dan mengamati. Pengetahuan komputer (computer literacy)adalah kemampuan
untuk menggunakan sumber daya komputer guna mendapatkan pemrosesan yang
dibutuhkan.
Keahlian Pengembangan Sistem
Dengan cara
yang sama,kita dapat mengidentifikasi jenis-jenis keahlian pengembangan yang
berbeda dan memiliki arti yang penting. Keahlian komunikasi (communications skills)melibatkan
kemampuan untuk menyampaikan informasi kepada satu orang atau lebih dengan
menggunakan komunikasi lisan,tulisan,atau gambar.
MENGELOLA PENGETAHUAN YANG DITUNJUKKAN
OLEH SUMBER DAYA INFORMASI PERUSAHAAN
Kita telah
mengidentifikasi sumber daya informasi perusahaan yang meliputi peranti
keras,peranti lunak,sepesialis informasi,pengguna, fasilitas,basis data,dan
informasi.
OTOMATISASI KANTOR
Kita sering
kali menemui istilah otomatisasi kantor
(office automation). Otomatis kantor dapat dilacak kembali hingga awal
tahun 1960-an,ketika IBM memperkenalkan istilah pengelolaan kata (word processing) untuk menyatakan suatu
konsep yang menyatakan bahwa kebanyakan aktivitas kantor diputuskan pada
pengolahan kata-kata.
Pergeseran dan Pemecahaan Masalah
Administratif ke Manajerial
Mereka mulia
menggunakan e-mail untuk
berkomunikasi dengan pemecahan masalah lainnya, menggunakan penanggalan
elektronik untuk menjadwalkan rapat dengan pemecah masalah yang lain, melakukan
konferensi video untuk menghubungkan para memecah masalah di wilayah geografis
yang luas,dan seterusnya.
KANTOR MAYA
Konsep Kantor
maya (virtual office) mengakui bahwa
pekerjaan kantor dapat dilakukan hampir disemua lokasi geografis selama tempat
kerja tersebut terhubung dengan suatu atau lebih lokasi tetap perusahaan oleh
suatu jenis kemampuan komunikasi elektronik. Konsep ini dimulai dengan telecommuting, lalu disempurnakan untuk
menciptakn suatu fasilitas kantor yang disebut hoteling.
Telecommuniting
istilah telecommuting
diperkenalkan karena sepertinya merupakan suatu cara yang tepat untuk
menggambarkan bagaimana karyawan dapat secara elektronik “pergi” ketempat
kerja. Diantara telecommuter yang pertama adalah ilmuwan-ilmuwan komputer
seperti progremer sistem,yang menyadari bahwa mereka dapat memuat produk-produk
peranti lunaknya dirumah atau diperahu layar dengan sama baiknya seperti
dikantor.
Hoteling
Konsep ini
diberinama hoteling,dan ide di
baliknya adalah bahwa perusahaan menyediakan suatu fasilitas terpusat yang dapat
dibagi bersama oleh karyawan jika terdapat kebutuhan akan ruangan dan dukungan
kantor.
Keuntungan Kantor Maya
Telecommuting dan hoteling memungkinkan adanya kantor
maya. Kantor maya maupun mengatasi kendala-kendala fisik dari suatu tempat
kerja dengan peranti elektronik sehingga memungkinkan diperolehnya beberapa
potensi keuntungan nyata,antara lain :
§ Biaya fasilitas yang lebih rendah. Karena
beberapa orang karyawan bekerja ditempat lain, perusahaan tidak membutuhkan
kapasitas kantor yang besar dulu, sehingga memungkinkan turunnya biaya untuk
sewa dan perluasan kantor.
§ Biaya peralatan yang lebih rendah. Sebagai ganti
dari memberikan seperangkat peralatan kantor kepada setiap orang, para karyawan
dapat saling berbagi peralatan dengan cara yang sama seperti para partisipan
didalam suatu jaringan area lokal berbagi sumber daya komputasi.
§ Berkuarangnya penghentian pekerjaan. Ketika hujan
salju,banjir,badai,dan semacamnya menjadikan karyawan tidak melakukan
perjalanan ke tempat kerja fisik,aktivitas perusahaan dapat langsung terhenti.
Akan tetepi,dalam suatu kantor maya,sebagai besar pekerjaan dapat terus
dilanjutkan.
§ Kontribusi sosial. Kantor maya
memungkinkan perusahaan mempekerjakan orang-orang yang sebelumnya memungkinkan
tidak memiliki peluang untuk bekerja.
Kerugian Kantor Maya
Beberapa Dampak
negatif akan dapat terjadi,yang meliputi:
© Moral yang rendah. Sejumlah faktor
dapat menyebabkan moral karyawan yang rendah. Salah satunya adalah tidakadanya
umpan balik positif yang berasal dari interaksi tetap muka dengan atasan dan
sesama rekan kerja.
© Kekhawatiran akan risiko keamanan. Keamanan data
dan informasi dapat lebih sulit untuk dikendalikan di dalam lingkungan kantor
maya.
ORGANISASI MAYA
Di sebuah
organisasi maya (virtual organizational),operasi
keseluruhan perusahaan dirancang sedemikian rupa sehingga menjadi tidak terkait
pada lokasi-lokasi fisik.
Dampak Sosial Organisasi Maya
Meskipun kantor
maya dan organisasi maya terutama didentifikasikan sebagai suatu strategis
bisnis,konsep ini pada akhirnya akan dapat memberikan pula dampak kepada
masyarakat. Industri-industri yang paling tertarik pada konsep kantor maya dan
organisasi maya adalah industri yang memberikan nilai tambahan dalam bentuk informasi,ide,dan
kecerdasan(intelligence).
MENEMPATKAN PENGGUNA SISTEM DAN SPESIALIS INFORMASI PADA PERSPEKTIF
Kedua kelompok
tersebut membentuk tim pengembangan. Pengembangan siatem pada awalnya dilakukan sepenuhnya
oleh spesialis informasi. Tidak hanya pekerjaan pengembangan saja yang
berubah,keadaan di mana pekerjaan dilaksanakan juga ikut mengalami perubahan. Organisasi tidak
lagi berbentuk fisik,yang mengharuskan pekerjaan dan pekerja berada pada satu
lokasi fisik.
0 comments:
Post a Comment